Ikut Kompetisi (akhirnya bukan cuma wacana hahaha)
Halo!
Kali ini gue mau share pengalaman gue waktu ikut salah satu kompetisi kehumasan tahun lalu. Kayaknya nyaris setahun lalu. It's May 23-24 2014.
Kok kayaknya gaya banget ya ikut kompetisi? Hahaha.
Dari semester awal kuliah, gairah ikut kompetisi/lomba tentang komunikasi memang selalu ada. Namun semangat menggebu itu hanya bertahan sekitar 1-2 bulan saja, dan selebihnya......hanya berakhir menjadi wacana hahaha
Ada beberapa kompetisi komunikasi yang pingin banget gue ikutin, salah satunya event rutin Prodi Komunikasi UI, yaitu Pekan Komunikasi. Di event itu, untuk mahasiswa Humas, selalu ada kompetisi membuat paper tentang perencanaan program humas mengenai case study yang mereka berikan. Macem-macem tiap tahun, dan selalu menarik. Tapi kembali lagi, semua berakhir wacana heu awal-awal dibuka pendaftaran sih semangat berapi-api, ngajak salah satu temen buat ikutan, mulai research, berimajinasi, analisis, tapi gak daftar-daftar dan gak ditulis. Akhirnya batal deh ahaha mungkin salah satu faktornya dulu tugas-tugas yang padat kali yah (excuse :p)
Sampai pada akhirnyaaaaaaaaaa
Gue akhirnya berhasil mengikuti salah satu kompetisi kehumasan! Yeaay! Ada yang beda juga dari kompetisi ini, yaitu diselenggarakan untuk individu, tidak seperti kompetisi-kompetisi lain yang mensyaratkan untuk dikerjakan secara berkelompok.
Awalnya, gue tau informasi mengenai kompetisi ini karena lagi masa-masa pengerjaan Tugas Akhir. Tugas Akhir gue waktu itu tentang Humas Pariwisata Kota Solo (I'll write bout it later), kampung halaman orang tua haha jadiii, selama masa pengerjaan, salah satu aplikasi berita di Hp gue, gue setting pakai kata kunci #Solo #PariwisataSolo #HumasSolo #Humas #PublicRelations. Setiap hari selalu gue cek apakah ada berita terbaru/ngga. Yaa, siapa tau aja bisa dijadikan tambahan data.
Suatu hari pas lagi cek berita, ada salah satu berita dari portal berita lokal di Kota Solo mengenai kompetisi yang bernama PR Idol 2014. Gue pun penasaran dan baca tuh berita. "Kok beda ya kompetisinya." Mungkin itu pikiran gue. Akhirnya seperti biasa, gue pun menggebu-gebu ingin coba peruntungan ikut kompetisi itu, mumpung masih berstatus mahasiswa dan masih punya kesempatan ikut yang kayak gitu hahaha daripada nyesel :p
Kompetisi ini diselenggarakan oleh Universitas Negeri Solo bekerja sama dengan The Sunan Hotel Solo. Gue mikir, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Kompetisi ini diadain di Solo, yaa sekalian aja cari data-data TA yang kurang-kurang. Sekalian juga silaturahmi lagi sama nenek dan saudara-saudara lain di sana. Padahal itu H-7 HARI DEADLINE pengumpulan TA loh ahahaha bodo amat deh...
Tahap penyisihan awal itu gue harus membuat essay mengenai "Branding Solopos TV" yang notabene masih baru didirikan. Ternyata essay gue lolos dan masuk ke dalam 30 besar yang diundang ke The Sunan Hotel Solo untuk mengikuti seleksi tahap ke dua dan ke tiga.
Setelah pengumuman lolos itu, gue baru bilang ke orang tua kalau gue ingin melanjutkan kompetisi ini. Untungnya dikasih izin haha langsung dehhh wusshhhhh sampailah gue di Solo.
Mereka gak menyediakan penginapan, namun mereka suggest beberapa penginapan gitu untuk para peserta. Tapi gue lebih memilih untuk tinggal di rumah nenek gue hahaha
Sampai pada saatnya penyisihan tahap ke dua dimulai.
Pada tahap itu, para peserta diminta membuat mini proposal mengenai "Perencanaan Program Humas untuk Memperkuat Positioning The Sunan Hotel Solo." Semuanya dikasih brief sebanyak 3 lembar, berisi data-data mengenai The Sunan Hotel Solo, serta ketentuan dan peraturan pembuatan paper. Jika data dirasa kurang, kita boleh browsing dengan mencantumkan sumbernya. Waktu yang diberikan hanyalah 2 jam untuk membuat semuanya, yaitu Analisis Internal, Analisis Eksternal, Analisis SWOT, Strategi Program, juga Press Release. Karena mepet, akhirnya rilis pun hanya gue buat seadanya hahaha
Setelah itu, dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD). Dari 30 peserta, dibagi menjadi 5 kelompok. Bahasan FGD saat itu adalah tentang political branding. Kelompok gue mendapat kasus mengenai Partai Golkar yang terpecah menjadi dua kubu, dan bagaimana memperbaiki citra-sebut saja Ical-yang notabene adalah ketua umum Partai itu dan sempat terlibat satu kasus yang sampai saat ini pun belum tuntas. Kami diminta untuk berdiskusi dan membuat strategi program untuk kasus yang diberikan. Sampailah pada saat yang lumayan bikin deg2an, yaitu presentasi. Hahaha. Untungnya presentasi itu bisa kami lalui dengan cukup mulusssssssss.
Beberapa saat setelah presentasi selesai, diumumkan 10 peserta yang berhasil lolos tahap ke dua dan berhak melanjutkan ke babak ke tiga. Alhamdulillah gue masukkk 10 besar hahaha agak gak nyangka juga sih, karena gue gak terlalu suka politik sesungguhnya hahaha 10 besar finalis itu diberikan "pekerjaan rumah" untuk dikerjakan dan dikirim via email maksimal pukul 12.00 hari itu juga. Kami semua diberikan brief mengenai crisis management. Topiknya yaitu mengembalikan citra (dan strategi customer relations) maskapai Garuda Indonesia perihal keterlambatan dan pembatalan penerbangan terkait bencana alam, yaitu meletusnya Gunung Kelud. Yang diminta masih sama, yaitu membuat mini proposal mengenai program PR yang tepat berikut press release-nya. Untuk kali ini gue bisa sedikit lebih tenang karena waktu yang disediakan lebih banyak hahaha yang membedakan tahap ini dengan tahap ke dua adalah, esok harinya kita akan melakukan company visit ke kantor Solopos dan diminta untuk melakukan simulasi press conference mengenai kasus tersebut. Jadi sok2an jadi PR nya Garuda beneran hahaha akan ada beberapa wartawan dari Solopos. Hingga akhirnya waktunya tiba...................... Gila! Deg2an banget hahahahhaha wartawannya kritis banget. Mintanya data blabla blibli. Untungnyaaaa sewaktu di kuliah dulu udah pernah juga sih ngelakuin simulasi press con kayak gini. Ditanya-tanya segala macem. Jadi ini bukan pengalaman pertama. Tapi tetep aja, yang tanya itu wartawan beneran hahahaha amsyong sama pertanyaannya haha tapi yaudah, nothing to lose.
Setelah company visit selesai, kita balik lagi ke Sunan Hotel. Ada seminar mengenai digital PR, makan siang, istirahat, dan hiburan. Dari tahap ke tiga itu, akan dipilih 5 orang kandidat yang akan maju ke depan untuk menjawab 2 buah pertanyaan yang diajukan oleh juri. Dan percaya gak percaya, gue lolos ahahahahaha gue pun heran, perasaan pas presscon jawabnya biasa aja, malah kayanya ada data yang salah huhu trus gue liat peserta lain tuh kayanya pada bagus-bagus dan passionate gitu. Tapi yaudah, mungkin gue sedang beruntung :")
Akhirnya gue pun maju dan mengambil undian yang berisi nama Juri yang akan memberikan gue pertanyaan. Jurinya itu ada 4, yaitu Mba Retno, PR Manager The Sunan Hotel Solo; Mba Febrianti Nadira, praktisi PR, dan juga Executive Vice President Corporate Secretary&Communication PT Mandiri Sekuritas; Sapto Adhi dari Rp7 Communications, dan Abdul Khamid dari Garuda Indonesia. Gue pun dapat pertanyaan dari Mba Retno dan Bapak Sapto. Tapi gue lupaaa pertanyaannya apa, pokoknya salah satunya ada mengenai digital PR dan optimalisasi media sosial bagi suatu perusahaan. Gue jawab based on ilmu yang gue dapat di kampus. Lagi-lagi, nothing to lose hahaha
Sampai pada saatnya pengumuman pemenang. Diumumin dari juara ke-tiga, dan.......... nama gue disebut :") gue meraih juara ke tigaaaaaaaaaaaaaaa kyaaaaaaaaaaaaa kok bisaaaaaaaaaaaaaa hahahhahaha beruntung bangetttttt padahal saingan gue dari UI ada 4 dari Unpad, Undip, Unair, UNS, dll dsb hahahaha ya lumayan lah buat bagus-bagusin CV sama buat bahan cerita pas gue interview kerja haha bersyukur banget sih, dan kayaknya emang gue sering banget dikasih keberuntungan sama Allah haha gatau ya, selama gue hidup, gue sering merasa beruntung :") Alhamdulillah yah.... Akhirnya gue pun pulangggg dan kembali berkutat dengan Tugas Akhir yang deadline pengumpulannya adalah 31 Mei 2014 (fyi, pas gue sampe Depok, it's already May 26 2014 :p gatau deh kenapa gue nyantai banget jadi orang...............................................)
Beberapa saat setelah presentasi selesai, diumumkan 10 peserta yang berhasil lolos tahap ke dua dan berhak melanjutkan ke babak ke tiga. Alhamdulillah gue masukkk 10 besar hahaha agak gak nyangka juga sih, karena gue gak terlalu suka politik sesungguhnya hahaha 10 besar finalis itu diberikan "pekerjaan rumah" untuk dikerjakan dan dikirim via email maksimal pukul 12.00 hari itu juga. Kami semua diberikan brief mengenai crisis management. Topiknya yaitu mengembalikan citra (dan strategi customer relations) maskapai Garuda Indonesia perihal keterlambatan dan pembatalan penerbangan terkait bencana alam, yaitu meletusnya Gunung Kelud. Yang diminta masih sama, yaitu membuat mini proposal mengenai program PR yang tepat berikut press release-nya. Untuk kali ini gue bisa sedikit lebih tenang karena waktu yang disediakan lebih banyak hahaha yang membedakan tahap ini dengan tahap ke dua adalah, esok harinya kita akan melakukan company visit ke kantor Solopos dan diminta untuk melakukan simulasi press conference mengenai kasus tersebut. Jadi sok2an jadi PR nya Garuda beneran hahaha akan ada beberapa wartawan dari Solopos. Hingga akhirnya waktunya tiba...................... Gila! Deg2an banget hahahahhaha wartawannya kritis banget. Mintanya data blabla blibli. Untungnyaaaa sewaktu di kuliah dulu udah pernah juga sih ngelakuin simulasi press con kayak gini. Ditanya-tanya segala macem. Jadi ini bukan pengalaman pertama. Tapi tetep aja, yang tanya itu wartawan beneran hahahaha amsyong sama pertanyaannya haha tapi yaudah, nothing to lose.
Setelah company visit selesai, kita balik lagi ke Sunan Hotel. Ada seminar mengenai digital PR, makan siang, istirahat, dan hiburan. Dari tahap ke tiga itu, akan dipilih 5 orang kandidat yang akan maju ke depan untuk menjawab 2 buah pertanyaan yang diajukan oleh juri. Dan percaya gak percaya, gue lolos ahahahahaha gue pun heran, perasaan pas presscon jawabnya biasa aja, malah kayanya ada data yang salah huhu trus gue liat peserta lain tuh kayanya pada bagus-bagus dan passionate gitu. Tapi yaudah, mungkin gue sedang beruntung :")
Akhirnya gue pun maju dan mengambil undian yang berisi nama Juri yang akan memberikan gue pertanyaan. Jurinya itu ada 4, yaitu Mba Retno, PR Manager The Sunan Hotel Solo; Mba Febrianti Nadira, praktisi PR, dan juga Executive Vice President Corporate Secretary&Communication PT Mandiri Sekuritas; Sapto Adhi dari Rp7 Communications, dan Abdul Khamid dari Garuda Indonesia. Gue pun dapat pertanyaan dari Mba Retno dan Bapak Sapto. Tapi gue lupaaa pertanyaannya apa, pokoknya salah satunya ada mengenai digital PR dan optimalisasi media sosial bagi suatu perusahaan. Gue jawab based on ilmu yang gue dapat di kampus. Lagi-lagi, nothing to lose hahaha
Sampai pada saatnya pengumuman pemenang. Diumumin dari juara ke-tiga, dan.......... nama gue disebut :") gue meraih juara ke tigaaaaaaaaaaaaaaa kyaaaaaaaaaaaaa kok bisaaaaaaaaaaaaaa hahahhahaha beruntung bangetttttt padahal saingan gue dari UI ada 4 dari Unpad, Undip, Unair, UNS, dll dsb hahahaha ya lumayan lah buat bagus-bagusin CV sama buat bahan cerita pas gue interview kerja haha bersyukur banget sih, dan kayaknya emang gue sering banget dikasih keberuntungan sama Allah haha gatau ya, selama gue hidup, gue sering merasa beruntung :") Alhamdulillah yah.... Akhirnya gue pun pulangggg dan kembali berkutat dengan Tugas Akhir yang deadline pengumpulannya adalah 31 Mei 2014 (fyi, pas gue sampe Depok, it's already May 26 2014 :p gatau deh kenapa gue nyantai banget jadi orang...............................................)
![]() |
Abdul Hadi (dulu dia juga kuliah di UI loh), Anggara (dia anaknya data dan fakta banget hahaha), dan gueeeee! (kalo dia anaknya nyantai tapi detail banget hahaha) |
Dan dari kompetisi itu, lumayanlah nama gue ada di 4 berita ini ahahahah
1. http://soloevent.id/keunikan-5-finalis-pr-idol/
2. http://soloevent.id/3-juara-pr-idol-the-sunan-hotel/
3. http://komunikasi.fisip.uns.ac.id/?p=295
4. http://blog.thesunanhotelsolo.com/630/who-wants-to-be-a-public-relations-idol/
Semoga suatu hari nanti kalau ada kesempatan ikut kompetisi lagi, gue bisa ikut lagi dan gak cuma wacana hahaha karena ternyata seru banget!! Nambah temen banyakkkk, nambah pengalaman, nambah tingkat percaya diri, nambah deket sama Allah karena jadi berdoa mulu hahaha dan yang paling pentingggg nambah link2 oke!
Karena kompetisi ini juga, waktu itu gue pernah direkrut sama Mba Retno untuk join di agensi PR buatan dia dan teman-teman perhumas lainnya :") tapi sayang, waktu itu Ayah gue gak mengizinkan gue :") tapiiiiii, gue bersyukur banget aja jadi punya link2 orang2 keren! Hehehe :D Dadaaaaahhhh
0 comments